Analisis Komunikasi Pemasaran Terhadap Produk Skincare Hanasui Melalui Tiktok
Keywords:
Komunikasi pemasaran, Skincare hanasui, TiktokAbstract
Hanasui adalah produk lokal berupa kosmetik dan skincare, produk skincare yang dapat digunakan untuk perempuan maupun laki laki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respons konsumen terhadap produk skincare Hanasui melalui akun tiktok Hanasui official, dengan fokus pada perspektif pengguna dan pembeli. TikTok sebagai salah satu platform media sosial yang populer, telah menjadi sarana efektif dalam promosi produk kecantikan dan perawatan kulit. Penelitian ini menggunakan Teori Persepsi Konsumen (Consumer Perception Theory) Kottler dan Keller yang berfokus pada bagaimana pengguna menerima dan menafsirkan informasi yang diterima melalui berbagai saluran komunikasi, dan bagaimana hal ini membentuk sikap serta keputusan pembelian mereka. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, mengumpulkan data melalui observasi terhadap konten-konten yang berhubungan dengan produk Hanasui di TikTok. Temuan penelitian menunjukkan bahwa respons konsumen cenderung positif, dengan banyaknya testimoni yang menekankan efektivitas dan harga yang terjangkau. Namun, beberapa konsumen juga memberikan tanggapan kritis terkait dengan ekspektasi dan pengalaman pribadi mereka terhadap hasil penggunaan produk. Komunikasi pemasaran produk skincare Hanasui melalui TikTok terbukti efektif dalam membangun kesadaran merek dan memengaruhi keputusan pembelian. Penggunaan influencer yang tepat dan testimoni pengguna dapat memperkuat pesan merek dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Untuk merek-merek lainnya yang ingin memanfaatkan TikTok sebagai saluran pemasaran, disarankan untuk lebih fokus pada konten yang autentik dan interaktif serta memperhatikan pengaruh yang diberikan oleh para influencer.
References
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications.
Devika, M. D., Sunitha, C., & Ganesh, A. (2016). Sentiment Analysis: A Comparative Study on Different Approaches. Procedia Computer Science. https://doi.org/10.1016/j.procs.2016.05.124
Farley Rafa Aurellia, Hanny Hafiar, & Priyatna, C. C. (2023). Analisis Media Monitoring terhadap Brand Kecantikan Hanasui pada Bulan Maret 2023. Jurnal Riset Public Relations, 149–160. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3210
Febriyanti, Y., Suryasuciramadhan, A., Zulfikar, M., Nurhasanah, S., & Amalia, D. U. (2024). Penggunaan Media Sosial TikTok Produk The Originote Sebagai Komunikasi Pemasaran Online. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 11(1), 341–350. https://doi.org/10.37676/professional.v11i1.6133
Ius. (2024). Hanasui Produk Mana? Inilah Jawabannya Agar Tidak Keliru. Info Produk.
Jacob, D. R. (2024). Live Streaming TikTok Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Brand Skincare. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 8(2), 276–284. https://doi.org/10.35870/jtik.v8i2.1613
Mohamed, K., & Bayraktar, Ü. A. (2022). Analyzing the role of Sentiment Analysis in Public Relations: Brand Monitoring and Crisis Management. International Journal of Humanities and Social Science. https://doi.org/10.14445/23942703/ijhss-v9i3p116
Nugraheni, Riza Hersiwi; Sigit, M. (2023). Pengaruh Live Streaming Shopping Pada Aplikasi Tiktok Terhadap Minat Beli Skintific. Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 1, 250–274. https://doi.org/https://doi.org/10.59059/mutiara.v1i5.496
Nurhasanah, A. S. C. P. D. (2023). Media Sosial Tiktok Sebagai Media Penjualan Digital Secara Live Di Kalangan Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan. JSSH, 69–77. https://doi.org/10.30595/jssh.v7i2.16304
Riyanto, A. D. (2024). Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2024. Andi Link.
Salsabila, E. F., Hanggara, G. S., & Dwi, R. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa Smk Pgri 2 Kediri. Seminar Nasional Virtual, Konseling Kearifan Nusantara, 32–41.
Shofiyah Khairunnisa. (2022). PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM, BRAND IMAGE, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MS GLOW (STUDI KASUS PADA KONSUMEN DISTRIBUTOR MS GLOW PANAKUKKANG DI KOTA MAKASSAR). CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i4.502
Siringoringo, E. A. (2023). Tiktok Sebagai Bentuk Komunikasi Pemasaran Pada Better Sweet By Najla Dalam Stratgei Digital Marketing. Prosiding Konferensi Nasional Sosial Dan Politik (KONASPOL), 1(0), 342–348. http://183.91.79.105/index.php/prosiding-konaspol/article/view/2381
We Are Social & Kepios. (2024, Januari). Digital 2024: Indonesia. DataReportal. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia
Windi, R., & Tampenawas, J. L. . (2023). Pengaruh Influencer Marketing, Content Marketing Dan Efektivitas Tiktok Affiliate Terhadap Brand Awareness Skincare Hanasui (Study Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2023). Tampenawas 772 Jurnal EMBA, 11(3), 772–784.
Woro Ayu Satiti, S., & Farid Wajdi, M. (2023). Pengaruh Review Produk, Konten Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hanasui Mattedorable Lip Cream Pada Tiktok Shop. Journal Of Social Science Research, 3, 7506–7521.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Via, Neng Ayu Saadah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.