Strategi Komunikasi Pariwisata dalam Pengembangan Objek Wisata Puncak Ranah oleh Kelompok Sadar Wisata
Keywords:
Komunikasi Pariwisata, Objek Wisata Puncak Ranah, Pokdarwis, Strategi KomunikasiAbstract
Di Indonesia, sektor pariwisata merupakan salah satu dari tiga penyumbang devisa terbesar selain minyak dan gas. Potensi ini menjadikan pariwisata sebagai sektor strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah. Oleh karena itu, upaya pengembangan pariwisata menjadi sangat penting, karena tidak hanya berperan dalam memperkenalkan kekayaan budaya dan kearifan lokal kepada dunia, tetapi juga mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah tujuan wisata. Pengembangan sektor ini, baik yang menyasar wisatawan nusantara maupun mancanegara, akan menciptakan efek berganda (multiplier effect) bagi perekonomian daerah, seperti berkembangnya usaha mikro kecil menengah (UMKM), terbukanya lapangan kerja, serta meningkatnya infrastruktur penunjang. Meningkatnya arus wisatawan yang datang ke Indonesia otomatis akan mendongkrak pendapatan negara, terutama di daerah-daerah yang memiliki daya tarik wisata yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pariwisata yang tepat dalam pengembangan wisata alam Puncak Ranah yang terletak di Desa Koto Ranah, Kabupaten Rokan Hulu. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada para pemangku kepentingan pariwisata seperti Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), serta dokumentasi langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga strategi utama dalam komunikasi pariwisata di wilayah tersebut. Pertama, strategi komunikasi digital melalui media sosial dan platform daring. Kedua, strategi komunikasi dengan stakeholder, yang melibatkan kerja sama antar pemangku kepentingan. Ketiga, strategi komunikasi dari mulut ke mulut (word of mouth) yang masih sangat efektif di masyarakat lokal.
References
Andini, M., Marekas, L. I., Mutiarani, D., Wardani, E., Gustina, S., & Yulina. (2022). Analisis Potensi dan Daya Tarik Wisata Taman Way Tebabeng di Desa Jagang. Jurnal Hukum, Legalita, 4(1), 76–77. Diakses tanggal 16 Januari 2024.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Edisi Revisi V Cet. Ke-12. Diakses pada tanggal 10 Januari 2024.
Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar. Diakses pada tanggal 10 Januari 2024.
Cadiz, M. (2005). Communicationfor empowerment (The practice of participatory communication indevelopment). Media andglobal change: rethinking communication for development, 145-158. Diakses pada tanggal 10 Januari 2024.
Ego Pernanda Saputra, & Adianto Adianto. (2023). Kolaborasi Pengembangan Pariwisata Pacu Jalur Berbasis Masyarakat di Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 3(1), 19–34. 90. Diakses pada tanggal 19 Juli 2024
Kriyantono, Rachmat. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. Diakses pada tanggal 10 Januari 2024.
Kriyantono, Rachmat. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Diakses pada tanggal 10 Januari 2024.
Mulyana, Deddy. (2008). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Diakses pada tanggal 10 Januari 2024.
Monsaputra. (2022). Jurnal Geografi. Jurnal Geografi, 20(2), 97–106. Diakses pada tanggal 10 Januari 2024.
Nursanti. (2019). Komunikasi Partisipatif Kelompok Sadar Wisata the Caretaker Dalam Mengembangkan Wisata Samudera Awan Bukit Suligi Di Rokan Hulu. Diakses pada tanggal 10 Januari 2024.
Rahim, Firmansyah. (2012). Pedoman Pokdarwis. Jakarta: Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Diakses pada tanggal 10 Januari 2024.
Rahmi Setyawati, Karin Amelia. (2019) Pengembangan Wisata Di Kabupaten Buru Menggunakan Analisis Swot. Universitas Indonesia. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2024.
Rialdo Rezeky M. L. Toruan. (2018) Proses Implementasi Word of Mouth Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran La Perla Plaza Senayan. Universitas s Prof Dr. Moestopo (Beragama). Diakses pada tanggal 16 Agustus 2024.
Sitepu, E., & Sabrin. (2020). Strategi Komunikasi Pariwisata Dalam Meningkatkan Minat Berwisata Di Sumatera Utara. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2024.
Setyawati, Safitri. (2019). Pengembangan Wisata Di Kabupaten Buru Menggunakan Analisis Swot. Jurnal Sosial Humaniora Terapan Volume 1 No.2. Diakses pada tanggal 18 Januari 2024.
Sugiyono. (2007). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Aafabeta. Diakses pada tanggal 21 Januari 2024.
Simanjorang, F., Hakim, L., & Sunarti, S. (2020). Peran Stakeholder Dalam Pembangunan Pariwisata Di Pulau Samosir. Profit, 14(01), 42–52. https://doi.org/10.21776/ub.profit.2020.014.01.5
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Desy Mairita, Al Pajri, Muhaimin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.